Info Kampus
Kontak Kami
    Program Studi Ekonomi Islam FEB UNDIP, Kampus Gd. C, Alamat : Jl. Prof. Soedharto, SH. - Tembalang Semarang 50275 | Telp. +62 24 76486851 / 76486853 Ext : 452 | Fax. +62 24 76486852 | Mail. ekis@undip.ac.id |

Berita

S1 Ekonomi Islam, Prodi Baru di FEB UNDIP

PROGRAM STUDI EKONOM

Berita

S1 Ekonomi Islam, Prodi Baru di FEB UNDIP
Jumat, 11 Maret 2016 - 12:10:12

PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM

Pembukaan Program Studi Ekonomi Islam FEB UNDIP melalui proses yang cukup panjang dan melalui tahapan-tahapan pembukaan program studi baru seperti yang telah diamanatkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Sedangkan, pertimbangan yang mendasari pengusulan Program Studi Ekonomi Islam secara garis besar ada dua, yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor internal yaitu perwujudan visi dan misi FEB Undip sebagai agen dalam pengembangan IPTEKS di bidang ekonomi dan bisnis pada masyarakat, terutama masyarakat lingkungannya. Program Studi Ekonomi Islam FEB UNDIP lahir merupakan sebagai implementasi  pengembangan IPTEKS tersebut. Sedangkan dasar pengusulan secara eksternal yaitu permintaan stakeholder/masyarakat terhadap kebutuhan sumber daya insani yang mempunyai kompetensi dalam bidang Ekonomi Islam.

Kehadiran Program Studi Ekonomi Islam diharapkan mampu memberikan kontribusi keilmuan serta kerja nyata melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Profil dan Kompetensi yang dihasilkan diharapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hai ini karena proses pembukaan Program Studi Ekonomi Islam telah melibatkan stakeholder/masyarakat, misalnya penentuan mulai profil lulusan /kompetensi lulus Program Studi Ekonomi Islam. Profil lulusan/kompetensi yang telah dirumuskan menjadi pedoman atau pertimbangan dalam menyusun kurikulum Program Studi Ekonomi Islam.

Penyusunan profil lulusan Program Studi Ekonomi Islam telah melibatkan antara lain : 1) Organisasi masyarakat keagamaan, yang membantu memberikan pemahaman yang baik mengenai aktifitas pembayaran zakat, wakaf, infaq dan shodaqoh dengan prinsip-prinsip yang diatur dalam islam; 2) Perbankan Syariah, membantu memberikan pemahamanmengenai praktek-praktek perbankan sesuai syariah Islam; 3) Pemerintah/Kementerian Agama, membantu menerikan pemahaman bagaimana lulusan nanti berperan dalam pembangunan yang berkelanjutan dengan meminimalisir dampak negatif pembangunan sehingga perlu ada pemikiran perencanaan pembangunan dengan prespektif Islam; 4) Asosiasi/Ikatan Ahli Ekonomi Islam, memberikan pandangan bagaimana seharusnya profil/kompetensi lulusan yang harus dihasilkan oleh Prodi Ekonomi Islam FEB UNDIP.

Pembukaan Program Studi Ekonomi Islam FEB UNDIP telah memperolah ijin Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 29/E/O/2014 tentang ijin penyelenggaraan Program Studi Ekonomi Islam Program Sarjana Universitas Diponegoro.

Pengelola Program Studi Ekonomi Islam

Ketua Program Sudi        : Darwanto, SE, MSi

NIP                                      : 19780811 200812 1 002

 

0 0 0
Loading...
Connect with FEBUNDIP